Sunday 9 September 2012

My Internship Story

"Ini hari terakhir kamu ya Annisa? Haduh anak manis, jangan sampe ada yang ganggu yah..."

kira-kira begitulah kalimat yang diucap sama Pak Ekel di hari Jumat (7/9) kemarin, yang seterusnya saya udah ga fokus lagi dan rasa-rasanya kok kayak ada yang mau keluar dari mata ini. Akhirnya saya cium tangan beliau aja dan ga ngeliatin muka beliau karna takut beneran nangis. Pak Ekel sendiri adalah senior officer consultant di MBDIna (singkatan untuk Mercedes-Benz Distribution Indonesia) sekaligus my new favorite man. Beliau sangat kebapakan, ramah, dan care sama seluruh pegawai lain di MBDIna. He often gave compliment & comforting words for us in the middle of our works, and for me, it's really comforting. He is 72 year-old and still so energic. Rasanya kayak punya kakek yang kerja di satu kantor sama saya, hehe.

Waktu Pak Ekel bilang begitu, saya emang lagi salam-salaman dan say good bye sama mba-mba dan beberapa mas-mas dan bapak-bapak disitu karna hari itu memang hari terakhir saya kerja sebagai anak magang disitu. Sudah genap dua bulan saya magang dan ada beberapa alasan yang membuat saya (pada akhirnya) memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak magang saya. But, over all, it was an amazing 2 months for me experiencing new stage of life.

Dan sesungguhnya saya adalah orang yang sangat ga seneng sekaligus emosional sama yang namanya perpisahan. Hari itu juga sama, saya memang berhasil untuk tidak nangis di kantor; tidak saat salah seorang mba-mba meluk saya; tidak saat saya berjalan ke pintu depan diiringi ucapan dadah dadah dari beberapa orang; tidak waktu saya mengembalikan nametag internship saya ke ibu sekretaris; dan tidak juga waktu saya akhirnya melangkah keluar dari gedung Deutsche Bank. Tapi iya saya nangis pas udah duduk di atas Kopaja P20 yang setiap Senin-Jumat selalu saya tumpangi dari Menteng sampe Kuningan selama 2 bulan belakangan ini. Berawal dari ngelamun sendiri ngeliat keluar jendela bis, dan akhirnya nangis beneran. Dasar cengeng.

***

Melanjutkan cerita di post ini, yes finally I got a good news I've been looking for. Thanks God. Masih segar diingatan tentang hari pertama saya magang disitu. Berangkat pagi-pagi dan menunggu 20 menit di depan meja resepsionis sampai akhirnya supervisor saya datang dan mengajak saya naik ke lantai 18 (resepsionis ada di lantai 17, btw) dan mengenalkan saya sama semua orang di kantor. Hari pertama ngantor was a total confusion, karna di hari itu juga, saya langsung dijejelin ilmu seputar COMSYS, Global Ordering Portal, bikin new order, macam-macam tipe mobil, etc. etc. Tapi ya seneng sih, berarti isi otak sedikit bertambah kan? hahaha

Not gonna tell y'all about all my works stuff or any routine things I did there, because I know it will be boring to read. I'll tell you what I've got there, instead. Dan yang saya maksud dengan "got" adalah  semua yang beneran saya dapat selama disana yang kelihatan wujudnya, bukan sesuatu yang abstrak macam pengetahuan atau pengalaman baru (karna kalo itu kan udah pasti and no need to mention, no?).

Jadi, satu hal yang saya suka sebagai anak magang disana adalah budaya bawalah-makanan-untuk-teman-kantor-saat-anda-ulang-tahun, yang mungkin juga menjadi budaya tidak langsung di banyak perusahaan lain. Luckily, selama saya magang disitu, ada banyak orang yang ulang tahun! yang berarti... ada banyak makanan gratis, hahaha (dasar mental anak kos). Kadang-kadang walaupun ga ada yang ulang tahun, tetap ada makanan yang dibagi-bagiin ke semua pegawai. Entah itu ibu sekretaris yang tiba-tiba order burger karna alasan yang saya ga tau sampe sekarang, atau ibu-ibu yang lagi iseng bikin mie goreng sebelum ngantor dan dibawain buat kita-kita, atau para bapak-bapak yang baik hati dan bagi-bagi toblerone mini dan cupcakes. Intinya, seru sih. Oh iya, saya juga pernah dapet kaos gratisan karna ada salah satu manager yang lagi beres-beres ruangan dan akhirnya membagikan semua barang-barang merchandise ga kepake di ruangannya.

So, last but not least, tentunya ucapan terima kasih buat seluruh pegawai MBDIna, especially my supervisor, Mr. Yudi Lesmana (now, I know his full name). If you (somehow) read this post, thanks a bunch for letting me in to your team. It's a pleasure. And for every stupid mistake I did, I have no other words but sorry. I had some fun in your company :) May the next intern of your team is better than me. Once again, super thaaaanks Mercedes-Benz Distribution Indonesia ;)


1 comment:

Setya Nurul Faizin said...

Wah, udah selesai ya? =)
Baca postinganmu, aku jadi pengen ngerasain magang di situ juga Dib (ups, Nis). Bukannya di tempatku ga enak atau apa, justru aku lagi mikir, apakah akan kutemui tempat magang pengganti yang seenak di sini. Eh, kamu nulis kaya gitu, berarti ada. Hehe..
Bagi-bagi inpoh donk d-nis. =)
Tapi buat Oktober atau November si. =P